bitcoin

Apa itu ‘Bitcoin’


bitcoin

bitcoin
bitcoin

Bitcoin adalah mata uang digital yang dibuat pada tahun 2009. Ini mengikuti gagasan yang dibuat di kertas putih oleh Satoshi Nakamoto yang misterius, yang identitas aslinya belum diverifikasi. Bitcoin menawarkan janji biaya transaksi yang lebih rendah daripada mekanisme pembayaran online tradisional dan dioperasikan oleh otoritas terdesentralisasi, tidak seperti mata uang yang dikeluarkan pemerintah. Cap pasar hari ini untuk semua bitcoin (disingkat BTC atau, lebih jarang, XBT) yang beredar melebihi $ 7 miliar.

Tidak ada bitcoin fisik, hanya saldo yang disimpan di buku besar publik di awan, bahwa – bersamaan dengan semua transaksi Bitcoin – diverifikasi oleh sejumlah besar daya komputasi. Bitcoin tidak dikeluarkan atau didukung oleh bank atau pemerintah manapun, juga bitcoins individual yang berharga sebagai komoditas. Meskipun tidak memiliki tender yang legal , grafik Bitcoin tinggi popularitasnya, dan telah memicu peluncuran mata uang virtual lainnya yang secara kolektif disebut Altcoin .

Bagaimana Bitcoin Bekerja

Bitcoin adalah salah satu mata uang digital pertama yang menggunakan teknologi peer-to-peer untuk memfasilitasi pembayaran instan. Individu dan perusahaan independen yang memiliki kekuatan komputasi yang mengatur dan berpartisipasi dalam jaringan Bitcoin, juga dikenal sebagai ” penambang, “dimotivasi oleh penghargaan (pelepasan bitcoin baru) dan biaya transaksi yang dibayarkan ke dalam bitcoin.Para penambang ini dapat dianggap sebagai otoritas terdesentralisasi yang menegakkan kredibilitas jaringan Bitcoin. Bitcoin baru dilepaskan ke para penambang pada waktu yang ditentukan, tapi secara periodik tingkat penurunan, sehingga total pasokan bitcoin mendekati 21 juta.Satu bitcoin terbagi menjadi delapan tempat desimal (100 juta dari satu bitcoin), dan unit terkecil ini disebut sebagai Satoshi. Jika perlu, dan jika berpartisipasi Penambang menerima perubahan, Bitcoin pada akhirnya bisa dibuat dapat dibagi menjadi lebih banyak tempat desimal.

Penambangan Bitcoin  adalah proses dimana pelepasan bitcoin dilepaskan untuk beredar. Pada dasarnya, ini melibatkan pemecahan teka-teki sulit komputasi untuk menemukan blok baru , yang ditambahkan ke blockchain , dan menerima hadiah dalam bentuk beberapa bitcoin. Hadiah blok adalah 50 bitcoin baru di tahun 2009; itu menurun setiap empat tahun sekali. Semakin banyak bitcoin diciptakan, sulitnya proses penambangan – yaitu, jumlah daya komputasi yang terlibat – meningkat. Kesulitan pertambangan dimulai pada 1.0 dengan debut Bitcoin kembali di tahun 2009; Pada akhir tahun, hanya 1,18. Per April 2017, kesulitan pertambangan lebih dari 4,24 miliar. Dulu, komputer desktop biasa cukup untuk proses penambangan; Sekarang, untuk mengatasi tingkat kesulitan, penambang harus menggunakan perangkat keras yang lebih cepat seperti Application-Specific Integrated Circuits (ASIC), unit pemrosesan yang lebih maju seperti Graphic Processing Unit (GPU)

Apa itu Bitcoin Worth?
Pada April 2017, satu bitcoin bernilai $ 1,223 – sebuah lompatan yang cukup besar dari akhir 2016, saat harganya sekitar $ 770.

Harga Bitcoin juga sangat bergantung pada ukuran jaringan pertambangannya, karena semakin besar jaringannya, semakin sulit – dan dengan demikian lebih mahal – ini adalah untuk menghasilkan bitcoin baru. Akibatnya, harga bitcoin harus meningkat karena biaya produksinya juga meningkat. Kekuatan agregat jaringan pertambangan Bitcoin telah meningkat lebih dari tiga kali lipat dalam dua belas bulan terakhir.

Bagaimana Bitcoin Mulai
18 Agustus 2008: Nama domain bitcoin.org terdaftar . Paling tidak, domain ini adalah “WhoisGuard Protected,” yang berarti identitas orang yang mendaftarkannya bukanlah informasi publik.

31 Oktober 2008: Seseorang yang menggunakan nama Satoshi Nakamoto membuat pengumuman di daftar Kriptografi Mailing di metzdowd.com: “Saya telah mengerjakan sistem kas elektronik baru yang sepenuhnya peer-to-peer, tanpa pihak ketiga yang terpercaya. Makalah ini tersedia di http://www.bitcoin.org/bitcoin.pdf . ” Tautan ini mengarah ke kertas putih yang sekarang terkenal yang diterbitkan di bitcoin.org berjudul “Bitcoin: Sistem Peer-to-Peer Electronic Cash.” Makalah ini akan menjadi Magna Carta untuk bagaimana Bitcoin beroperasi hari ini.

3 Jan 2009 : Blok Bitcoin pertama ditambang, Blok 0. Ini juga dikenal sebagai “blok genesis” dan berisi teks: Kanselir Times 03 / Jan / 2009 di tepi bailout kedua untuk bank, “mungkin sebagai bukti bahwa blok tersebut ditambang pada atau setelah tanggal tersebut, dan mungkin juga sebagai komentar politik yang relevan.

8 Januari 2009: Versi pertama perangkat lunak Bitcoin diumumkan di The Cryptography Mailing list.

9 Januari 2009 : Blok 1 ditambang, dan penambangan Bitcoin dimulai dengan sungguh-sungguh.

Siapa yang Menemukan Bitcoin?
Tidak ada yang tahu. Tidak secara meyakinkan, setidaknya. Satoshi Nakamoto adalah nama yang terkait dengan orang atau kelompok orang yang merilis kertas putih asli Bitcoin pada tahun 2008 dan mengerjakan perangkat lunak Bitcoin asli yang diluncurkan pada tahun 2009. Protokol Bitcoin mengharuskan pengguna untuk memasukkan ulang tahun pada saat pendaftaran, dan kami tahu bahwa seorang individu bernama Satoshi Nakamoto mendaftar dan meletakkan tanggal 5 April sebagai tanggal lahir. Dan itu saja.

Sebelum Satoshi
Meskipun tergoda untuk mempercayai putaran media bahwa Satoshi Nakamoto adalah seorang jenius kuintetik tunggal yang menciptakan Bitcoin dari udara tipis, inovasi semacam itu tidak terjadi dalam ruang hampa. Semua penemuan ilmiah utama, tidak peduli seberapa asli-tampak, dibangun berdasarkan penelitian sebelumnya. Ada prekursor untuk Bitcoin: Adam Back’s Hashcash, ditemukan pada tahun 1997, dan kemudian Wei Dai’s b-money, Nick Szabo’s bit-gold dan Hal Finney’s Reusable Proof of Work. Kertas putih Bitcoin sendiri mengutip Hashcash dan b-money, serta berbagai karya lainnya yang mencakup beberapa bidang penelitian.

Mengapa Satoshi Nakamoto Anonim?
Ada dua motivasi utama untuk menjaga penemu Bitcoin menjaga rahasia identitasnya. Salah satunya adalah privasi. Sebagai Bitcoin telah mendapatkan popularitas – menjadi sesuatu dari fenomena di seluruh dunia – Satoshi Nakamoto kemungkinan akan mengumpulkan banyak perhatian dari media dan dari pemerintah.

Alasan lainnya adalah keamanan. Melihat tahun 2009 saja, 32.489 balok ditambang; Pada tingkat imbalan sebesar 50 BTC per blok, total pembayaran di tahun 2009 adalah 1.624.500 BTC, yang pada harga sekarang lebih dari $ 900 juta. Orang mungkin menyimpulkan bahwa hanya Satoshi dan mungkin beberapa orang lainnya melakukan penambangan sampai 2009, dan mereka memiliki mayoritas BTC seharga $ 900 juta. Seseorang yang memiliki banyak BTC bisa menjadi sasaran penjahat, terutama karena bitcoin kurang seperti saham dan lebih mirip uang tunai, di mana kunci privat yang diperlukan untuk mengotorisasi pengeluaran bisa dicetak dan benar-benar disimpan di bawah kasur. Meskipun kemungkinan penemu Bitcoin akan melakukan tindakan pencegahan untuk melakukan transfer yang disebabkan pemerasan yang dapat dilacak, tetap anonim adalah cara yang baik bagi Satoshi untuk membatasi pemaparan.

Tersangka
Sejumlah orang telah disarankan sebagai mungkin Satoshi Nakamotos oleh media utama. Pada 10 Oktober 2011, The New Yorker menerbitkan sebuah artikel yang berspekulasi bahwa Nakamoto mungkin adalah murid kriptografi Irlandia Michael Clear, atau sosiolog ekonomi Vili Lehdonvirta. Sehari kemudian, Fast Company menyarankan agar Nakamoto bisa menjadi kelompok yang terdiri dari tiga orang – Neal King, Vladimir Oksman dan Charles Bry – yang bersama-sama muncul dalam sebuah paten yang berkaitan dengan komunikasi aman yang diajukan dua bulan sebelum bitcoin.org terdaftar. Sebuah artikel Wakil yang diterbitkan pada bulan Mei 2013 menambahkan lebih banyak tersangka ke dalam daftar, termasuk Gavin Andresen, pengembang proyek Bitcoin; Jed McCaleb, salah satu pendiri pertukaran Bitcoin yang sekarang sudah tidak berfungsi . Gox ; dan matematikawan Jepang terkenal Shinichi Mochizuki.

Pada bulan Desember, 2013, Techcrunch menerbitkan sebuah wawancara dengan peneliti Skye Grey yang mengklaim analisis teks dari tulisan-tulisan yang diterbitkan menunjukkan hubungan antara Satoshi dan pencipta emas kecil Nick Szabo. Dan mungkin yang paling terkenal, pada bulan Maret 2014, Newsweek memuat sebuah artikel sampul yang mengklaim bahwa Satoshi sebenarnya adalah seorang individu bernama Satoshi Nakamoto – seorang insinyur Jepang-Amerika berusia 64 tahun yang tinggal di California. Daftar tersangka panjang, dan semua individu menyangkal menjadi Satoshi.

Bukti apa yang dibutuhkan untuk mengidentifikasi Satoshi?
Tampaknya bahkan kolaborator awal dalam proyek ini tidak memiliki bukti identitas Satoshi yang dapat diverifikasi. Untuk mengungkapkan secara meyakinkan siapa Satoshi Nakamoto, sebuah tautan definitif harus dibuat antara aktivitasnya dengan Bitcoin dan identitasnya. Itu bisa datang dalam bentuk menghubungkan pihak di belakang pendaftaran domain bitcoin.org, akun email dan forum yang digunakan oleh Satoshi Nakamoto, atau kepemilikan beberapa bagian dari bitcoin minil yang paling awal. Meskipun bitchi Satoshi kemungkinan dimiliki dapat dilacak pada blockchain, nampaknya dia belum memberi mereka uang dengan cara yang mengungkapkan identitasnya. Jika Satoshi memindahkan bitcoinnya ke bursa hari ini, ini mungkin menarik perhatian, tapi sepertinya tidak mungkin pertukaran yang didanai dengan baik dan berhasil akan mengkhianati privasi pelanggan.

Berinvestasi di Bitcoin
Ada banyak pendukung Bitcoin yang percaya bahwa mata uang digital adalah masa depan. Mereka yang mendukungnya adalah pandangan bahwa ia memfasilitasi sistem pembayaran yang jauh lebih cepat dan tidak berbayar untuk transaksi di seluruh dunia. Meskipun tidak didukung oleh pemerintah atau bank sentral, bitcoin dapat ditukarkan dengan mata uang tradisional; Sebenarnya, nilai tukar terhadap dolar menarik calon investor dan trader yang tertarik dengan pergerakan mata uang. Memang, salah satu alasan utama pertumbuhan mata uang digital seperti Bitcoin adalah mereka dapat bertindak sebagai alternatif untuk uang fiat nasional dan komoditas tradisional seperti emas.

Pada bulan Maret 2014, IRS menyatakan bahwa semua mata uang virtual, termasuk bitcoin, akan dikenakan pajak sebagai properti dan bukan mata uang. Keuntungan atau kerugian dari Bitcoins diadakan sebagai ibukota akan direalisasikan sebagai capital gain atau kerugian, sementara Bitcoins diselenggarakan sebagai persediaan akan dikenakan keuntungan atau kerugian biasa.

Seperti aset lainnya, prinsip membeli rendah dan menjual tinggi berlaku untuk bitcoin. Cara paling populer untuk mengumpulkan mata uang adalah dengan membeli pertukaran Bitcoin, namun ada banyak cara lain untuk mendapatkan dan memiliki bitcoin. Berikut adalah beberapa pilihan yang dapat dieksplorasi oleh para penggemar Bitcoin.

Cara Mendapatkan Bitcoin
Menerima Sebagai Pembayaran

Bitcoin bisa diterima sebagai alat pembayaran untuk produk yang dijual atau layanan yang diberikan. Jika Anda memiliki toko batu bata dan mortir, cukup tampilkan tanda bertuliskan “Bitcoin Accepted Here” dan banyak pelanggan Anda mungkin akan membawa Anda ke sana; transaksi dapat ditangani dengan terminal perangkat keras yang diperlukan atau alamat dompet melalui kode QR dan aplikasi layar sentuh. Bisnis online dapat dengan mudah menerima bitcoin dengan hanya menambahkan opsi pembayaran ini kepada yang lain yang ditawarkannya, seperti kartu kredit, PayPal, dll. Pembayaran online akan memerlukan alat pedagang Bitcoin (prosesor eksternal seperti Coinbase atau BitPay).

Bekerja untuk mereka

Mereka yang wiraswasta bisa dibayar untuk pekerjaan di bidang bitcoin. Ada beberapa situs / papan pekerjaan yang didedikasikan untuk mata uang digital:

WorkForBitcoin menyatukan pencari kerja dan calon atasan melalui situsnya
Koinalitas menampilkan pekerjaan – freelance, paruh waktu dan penuh waktu – yang menawarkan pembayaran di bitcoin, serta Dogecoin dan Litecoin
Jobs4Bitcoins , bagian dari reddit.com
BitGigs
Pembayaran bunga

Cara lain yang menarik (secara harfiah) untuk mendapatkan bitcoin adalah dengan meminjamkan mereka, dan dibayar kembali dalam mata uangnya. Pinjaman dapat mengambil tiga formulir – memberikan pinjaman langsung kepada seseorang yang Anda kenal; melalui situs web yang memfasilitasi transaksi peer-to-peer, memasangkan peminjam dan pemberi pinjaman; atau menyetorkan bitcoin ke bank virtual yang menawarkan suku bunga tertentu untuk akun Bitcoin. Beberapa situs tersebut adalah Bitbond , BitLendingClub dan BTCjam . Tentunya, Anda harus melakukan due diligence pada situs pihak ketiga manapun.

Perjudian

Ada kemungkinan bermain di kasino yang diperuntukkan bagi penggemar Bitcoin, dengan opsi seperti undian online, jackpot, taruhan dan game lainnya. Tentu saja, pro dan kontra dan risiko yang berlaku untuk usaha perjudian dan pertaruhan pun berlaku di sini juga.

Risiko Berinvestasi di Bitcoin
Meskipun Bitcoin tidak dirancang sebagai investasi ekuitas biasa (tidak ada saham yang dikeluarkan), beberapa investor spekulatif tertarik pada uang digital setelah diapresiasi dengan cepat pada bulan Mei 2011 dan sekali lagi pada bulan November 2013. Dengan demikian, banyak orang membeli bitcoin untuk nilai investasinya. bukan sebagai alat tukar . Namun kekurangan nilai dan sifat digitalnya yang terjamin berarti pembelian dan penggunaan bitcoin membawa beberapa risiko yang melekat. Banyak peringatan investor telah dikeluarkan oleh Securities and Exchange Commission ( SEC ), Badan Regulasi Keuangan ( FINRA ), Biro Perlindungan Keuangan Konsumen ( CFPB ), dan agensi lainnya.

Konsep mata uang virtual masih baru dan, dibandingkan dengan investasi tradisional, Bitcoin tidak memiliki banyak track record jangka panjang atau sejarah kredibilitas untuk mendukungnya. Dengan meningkatnya penggunaan, bitcoin menjadi kurang eksperimental setiap hari, tentu saja; Masih, setelah delapan tahun, mereka (seperti semua mata uang digital) tetap dalam tahap pengembangan, masih terus berkembang. “Ini adalah investasi dengan tingkat risiko tertinggi dan tertinggi yang bisa Anda buat,” kata Barry Silbert, CEO Digital Currency Group, yang membangun dan berinvestasi di perusahaan-perusahaan Bitcoin dan blockchain.

Bukan untuk risiko-merugikan, dengan kata lain. Jika Anda mempertimbangkan investasi di bidang bitcoin, pahami risiko investasi unik ini:

Resiko Regulasi: Bitcoin adalah saingan mata uang pemerintah dan dapat digunakan untuk transaksi pasar gelap, pencucian uang, aktivitas ilegal atau penghindaran pajak. Akibatnya, pemerintah mungkin berusaha untuk mengatur, membatasi atau melarang penggunaan dan penjualan bitcoin, dan beberapa sudah memiliki. Yang lainnya datang dengan berbagai peraturan. Misalnya, pada tahun 2015, New York State Department of Financial Services menyelesaikan peraturan yang mengharuskan perusahaan yang menangani pembelian, penjualan, pemindahan atau penyimpanan bitcoin untuk mencatat identitas pelanggan, memiliki petugas kepatuhan dan mempertahankan cadangan modal. Transaksi senilai $ 10.000 atau lebih harus dicatat dan dilaporkan.

Meskipun lebih banyak lembaga akan mengikutinya, mengeluarkan peraturan dan pedoman, tidak adanya peraturan yang seragam tentang bitcoin (dan mata uang virtual lainnya) menimbulkan pertanyaan mengenai umur panjang, likuiditas dan universalitas mereka.

Resiko Keamanan: pertukaran Bitcoin sepenuhnya bersifat digital dan, seperti halnya sistem virtual lainnya, berisiko terkena serangan hacker, malware dan gangguan operasional. Jika pencuri memperoleh akses ke hard drive komputer pemilik Bitcoin dan mencuri kunci enkripsi pribadinya, dia dapat mentransfer Bitcoin yang dicuri ke akun lain. (Pengguna dapat mencegah hal ini hanya jika bitcoin disimpan di komputer yang tidak terhubung ke internet, atau dengan memilih menggunakan dompet kertas – mencetak kunci dan alamat pribadi Bitcoin, dan tidak menyimpannya di komputer sama sekali. ) Hacker juga dapat menargetkan pertukaran Bitcoin, mendapatkan akses ke ribuan akun dan dompet digitaldimana bitcoin disimpan Salah satu insiden hacking yang sangat terkenal terjadi pada tahun 2014, ketika Mt. Gox, pertukaran Bitcoin di Jepang, terpaksa ditutup setelah jutaan dolar senilai bitcoin dicuri.

Ini sangat bermasalah begitu Anda ingat bahwa semua transaksi Bitcoin bersifat permanen dan tidak dapat diubah lagi. Ini seperti berurusan dengan uang tunai: Setiap transaksi yang dilakukan dengan bitcoin hanya dapat dibatalkan jika orang yang telah menerima mereka mengembalikan uang mereka. Tidak ada pihak ketiga atau pemroses pembayaran, seperti dalam kasus kartu debit atau kartu kredit – oleh karena itu, tidak ada sumber perlindungan atau banding jika ada masalah.

Risiko Asuransi: Beberapa investasi diasuransikan melalui Securities Investor Protection Corporation. Rekening bank normal diasuransikan melalui Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC) sampai jumlah tertentu tergantung pada yurisdiksi. Pertukaran Bitcoin dan akun Bitcoin tidak diasuransikan oleh program federal atau pemerintah manapun.

Risiko Penipuan: Sementara Bitcoin menggunakan enkripsi kunci privat untuk memverifikasi pemilik dan mendaftarkan transaksi, penipu dan scammers mungkin mencoba menjual bitcoin palsu. Misalnya, pada bulan Juli 2013, SEC membawa tindakan hukum terhadap operator skema Ponzi yang terkait dengan Bitcoin.

Risiko Pasar: Seperti halnya investasi apapun, nilai Bitcoin dapat berfluktuasi. Memang, nilai mata uang telah melihat ayunan liar harganya di atas keberadaannya yang pendek. Sesuai dengan volume jual dan beli yang tinggi di bursa, ia memiliki sensitivitas tinggi terhadap “berita.” Menurut CFPB, harga bitcoin turun sebesar 61% dalam satu hari di tahun 2013, sementara penurunan harga satu hari di tahun 2014 telah telah sebesar 80%.

Jika lebih sedikit orang mulai menerima Bitcoin sebagai mata uang, unit digital ini mungkin kehilangan nilai dan bisa menjadi tidak berharga. Sudah ada banyak kompetisi, dan meskipun Bitcoin memiliki keunggulan besar dalam mata uang digital 100-odd lainnya yang bermunculan, berkat pengakuan merek dan uang modal ventura , terobosan teknologi dalam bentuk koin virtual yang lebih baik. selalu menjadi ancaman

Risiko Pajak: Karena bitcoin tidak memenuhi syarat untuk disertakan dalamakun pensiun yang diimunisasi pajak , tidak ada pilihan legal yang bagus untuk melindungi investasi dari perpajakan.

Summary
Review Date
Reviewed Item
sejarah bitcoin yang belum anda ketahui
Author Rating
51star1star1star1star1star